Cinta Tanah Air (Aceh)

Pengertian Teknologi Informasi yang Benar

Pengertian Teknologi Informasi yang Benar



Teknologi Informasi (TI), jika dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Begitu banyak peranan teknologi yang sangat membantu dalam penyampaian informasi. Apa sebenarnya definisi TI (teknologi informasi) itu? Apakah benar teknologi informasi itu selalu identik dengan komputer?





Jika ditelisik secara kata, maka teknologi informasi susunannya terdiri dari kata teknologi dan kata informasi. Teknologi hanya semacam perangkat, sementara penciptanya sendiri adalah manusia.



Jadi, bicara teknologi informasi maka tak akan bisa lepas dari upaya atau hasil rekayasa yang dilakukan manusia dalam hal penyampaian pesan atau informasi antara si pengirim dan si penerima. Tujuannya agar prosesnya lebih cepat sampai, cepat meluas infonya, tetapi lebih lama dalam hal penyimpanan arsipnya.



Definisi menurut para ahli



Beberapa definisi dari teknologi informasi itu sendiri dari para ahli. Di antaranya:



Haag dan Keen (1996)



Haag dan Keen mengatakan, teknologi informasi merupakan seperangkat alat yang mampu membantu manusia dalam hal bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Martin (1999)



Martin berpandangan, teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer dalam hal ini baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi selain komputer. 

Williams dan Swayer (2003)

Adapun Williams dan Swayer mengatakan, teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan sitem komputasi atau komputer dengan jalur komunikasi high speed yang membawa data, suara dan juga dalam bentuk video.



Nah, dari definisi tersebut maka dapat dipahami bahwa teknologi informasi itu tidak identik dengan komputer saja. Tetapi merangkum alat telekomunikasi lainnya semisal ponsel, radio, televisi dan lain-lain.
Sumber :http://wyn-eka.blogspot.com/2013/12/pengertian-teknologi-informasi-yang.html
Cink

Author :

Dengan segenap pengorbanan admin dapat menyelesaikan artikel sederhana ini, jika tidak keberatan mohon share artikel ini demi memperluas wawasan saudara-saudara kita yang lain. Terimakasih atas kunjungannya brother yang baru saja membaca artikel berjudul Pengertian Teknologi Informasi yang Benar.
Share Artikel

Artikel Terkait